27 Pura di Wilayah Jabodetabek Gelar Germas dan Saka Yoga Festival

27 Pura di Wilayah Jabodetabek Gelar Germas dan Saka Yoga Festival
Suasana kegiatan Pembinaan Pura dan Pasraman PHBS dan Saka Yoga Festival dalam rangka Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 Tahun 2020 di Pura Satya Loka Archana, Ciangsana, Gunung Putri, Bogor, Minggu (8/3). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, BOGOR - Sebanyak 27 Pura di wilayah Jakarta, Bogor, Banten dan Bekasi (Jabobabek) secara serentak melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) berupa kegiatan Pembinaan Pura dan Pasraman Ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Saka Yoga Festival Desentralisasi di masing-masing Pura pada Minggu (8/3).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 Tahun 2020 oleh Panitia Nyepi Nasional dengan Ketua Panitia yakni Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopasus) Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

27 Pura di Wilayah Jabodetabek Gelar Germas dan Saka Yoga Festival

Ketua Bidang Empat sekaligus Ketua Penyelenggara kegiatan Baksos Laksamana Pertama TNI Dr. I Wayan Warka mewakili Ketua Panitia mengatakan pelaksanaan kegiatan bakti sosial kesehatan serta penanaman pohon ini adalah kegiatan yang bersamaan dilaksanakan di 27 pura yang tersebar di wilayah Jababodetabek yang ada di 3 provinsi yaitu Banten, DKI dan Jawa Barat dalam kegiatan Germas dan Saka Yoga Festival.

Kegiatan di Pura Ciangsana sendiri, menurut Laksma Wayan Warka adalah merupakan kerja sama antara Panitia Nasional Nyepi Tahun Saka 1942 dengan Banjar Ciangsana berupa penyerahan sembako kepada 400 orang warga sekitar Pura Ciangsana, kesehatan untuk 400 Orang serta penanaman pohon Trembesi di bantaran kali Cikeas (samping Pura).

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari ajaran Hindu yaitu Tri Hita Karana yang salah satunya adalah bagaimana menjalin hubungan antara manusia dengan umatnya, manusia dengan alam ataupun lingkungannya dan manusia dengan Tuhan,” ujarnya di Pura Satya Loka Archana, Ciangsana, Gunung Putri, Bogor, Minggu (8/3).

Hal itu disampaikan  usai menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati Bogor Hj. Ade Munawaroh Yasin, Ketua Umum PHDI Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawe Tanaya, DPD RI I Gusti Ngurah Arya Weda Karna, Tokoh Umat Mayjen TNI (Purn) Sang Nyoman Suwisma, Ketua Umum WHDI dan undangan lainnya.

27 Pura di Wilayah Jabodetabek Gelar Germas dan Saka Yoga Festival

Sebanyak 27 Pura di wilayah Jakarta, Bogor, Banten dan Bekasi (Jabobabek) secara serentak melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) berupa kegiatan Pembinaan Pura dan Pasraman Ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Saka Yoga Fe

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News