Selasa, 23 Juli 2019 – 03:47 WIB

4 Manfaat Meditasi di Hari Raya Nyepi

Kamis, 07 Maret 2019 – 14:10 WIB
4 Manfaat Meditasi di Hari Raya Nyepi - JPNN.COM

Ilustrasi. Meditasi. Foto IST

jpnn.com - Menyendiri dan berdiam diri di hari raya Nyepi sudah menjadi tradisi keagamaan tahunan bagi pemeluk agama Hindu. Di daerah tertentu, hikmat sakralnya Nyepi bisa sangat lekat dirasakan, misalnya di Pulau Dewata, Bali. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk membunuh waktu adalah meditasi.

Selain memang kewajiban dari sudut pandang agama, meditasi juga ternyata mampu memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah sederet manfaat baik yang bisa Anda peroleh usai melakukan meditasi.

1. Mengusir stres

Mereka yang hidup di kota besar tentunya rentan mengalami stres. Sibuknya aktivitas dan hiruk pikuk keseharian menjadi faktor utama pengundang stres, tidak peduli berapapun usianya.

Bahayanya, stres psikologis ini secara medis mampu menstimulasi pelepasan kortisol, yakni hormon yang meningkatkan risiko depresi, mendongkrak tekanan darah dan juga menyebabkan reaksi peradangan dalam tubuh. Produksi hormon ini mampu ditekan dengan melakukan meditasi.

Sebuah penelitian yang melibatkan 1300 orang membuktikan bahwa meditasi cukup efektif menurunkan tingkat stres yang dialami partisipan. Mereka yang paling merasakan manfaatnya adalah orang yang mengalami stres berat.

Dengan meditasi yang teratur dan berkelanjutan, tingkat stres akan turun secara signifikan pada minggu kedua dan dapat terus dikontrol hingga 3 tahun setelahnya.

2. Meningkatkan daya ingat

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar