293 Pelaku Kejahatan Digulung

293 Pelaku Kejahatan Digulung
Para tersangka terjaring Operasi Sikat Jaran Candi 2023 saat dihadirkan dalam pers rilis di Mapolda Jateng, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (4/10/2023). (ANTARA/I.C. Senjaya)

jpnn.com, SEMARANG - Selama pelaksanaan Operasi Sikat Jaran Candi 2023 di berbagai polres, Polda Jawa Tengah mengamankan 293 tersangka.

Operasi Sikat Jaran Candi 2023 digelar dalam kurun waktu Agustus hingga September.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengatakan ratusan tersangka itu ditangkap dari hasil pengungkapan 397 kasus tindak pidana pencurian selama periode tersebut.

"Diamankan juga barang bukti ratusan kendaraan bermotor yang merupakan barang hasil curian," kata Luthfi di Semarang, Rabu.

Dalam penanganan berbagai perkara tersebut, lanjutnya, polisi menggunakan metode investigasi kejahatan berbasis ilmiah dalam rangka memberikan efek jera kepada para pelaku kejahatan.

Dalam pengungkapan tersebut, kata Luthfi, terdapat beberapa kasus menonjol yang ditangani, seperti pengancaman dengan senjata api replika di wilayah Banyumas.

Pengungkapan perkara terbanyak dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2023 tersebut dilakukan oleh Polres Pati yang mencapai 44 kasus dengan 41 tersangka.

Dua wilayah lain yang juga cukup banyak melakukan pengungkapan kejahatan selama Operasi Sikat Jaran Candi 2023 ialah Polresta Banyumas dan Polrestabes Semarang.

Selama pelaksanaan Operasi Sikat Jaran Candi 2023 di berbagai polres, Polda Jawa Tengah mengamankan 293 tersangka kejahatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News