JPNN.com

3 Cara ini Bisa Membantu Menurunkan Risiko Diabetes

Selasa, 16 Juli 2019 – 12:30 WIB 3 Cara ini Bisa Membantu Menurunkan Risiko Diabetes - JPNN.com

jpnn.com - Diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan berdampak pada komplikasi serius. Nah, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menurunkan risiko diabetes menurut American Diabetes Association (ADA). 

1. Mengonsumsi sayuran

Mengonsumsi sayuran dengan serat tinggi dan kaya vitamin, seperti wortel dan brokoli, dapat dengan efektif mengurangi risiko diabetes. Hal ini juga dibenarkan oleh dr. Ega. 

“Intinya, penderita diabetes itu boleh makan sayur apa saja asalkan bervariasi. Jadi bisa mendapat semua vitaminnya sekaligus seratnya. Secara garis besar asal porsinya normal dan tidak berlebihan ya boleh-boleh saja. Jadi tidak ada spesifikasi sayur mana yang  boleh dan tidak, asalkan bervariasi,” ujar dr. dyan. 

2. Makanan berprotein

ADA menyarankan agar Anda lebih memilih protein nabati (kacang-kacangan, tahu, tempe) dan protein hewani yang lebih rendah lemak (telur, ikan, dan ayam). Alangkah baiknya menghindari protein hewani yang berasal dari daging merah dan tinggi lemak, seperti daging sapi dan daging kambing, terutama yang dimasak dengan cara digoreng.

3. Batasi asupan karbohidrat

Pilihlah asupan karbohidrat dengan serat tinggi seperti kacang, roti gandum, dan beras merah. Sementara itu, kurangi karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat seperti nasi putih. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...