Selasa, 23 April 2019 – 15:01 WIB

3 Cara Sederhana ini Bisa Hilangkan Jerawat Membandel

Senin, 25 Maret 2019 – 10:35 WIB
3 Cara Sederhana ini Bisa Hilangkan Jerawat Membandel - JPNN.COM

jpnn.com - Jerawat kadang muncul tak terduga. Meski kecil, tetap menimbulkan rasa tidak percaya diri. Bila sedang berjerawat, tentu Anda akan berusaha mencari cara yang paling efektif untuk menghilangkannya.

Untuk mengatasi jerawat, pada umumnya dokter akan memberikan antibiotik ataupun pengobatan topikal tertentu. Namun beberapa cara sederhana ini juga bisa membantu hilangkan jerawat membandel.

Mengoleskan tea tree oil

Tea tree oil didapat dari ekstraksi daun pohon Melaleuca alternifolia, yang banyak terdapat di Australia. Menurut studi yang dimuat di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, disebutkan bahwa mengoleskan gel tea tree oil empat kali sehari terbukti efektif mengurangi derajat keparahan lesi jerawat dan enam kali lebih efektif untuk mengurangi jerawat dibandingkan plasebo.

Tinjauan pustaka lain yang dipublikasikan oleh American Society of Microbiology menyatakan bahwa tea tree oil bisa membantu meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri P. acnes dan S. epidermidis penyebab jerawat.

Tea tree oil juga bisa menjadi alternatif obat jerawat benzoyl peroksida yang sering kali menimbulkan keluhan kulit kering, iritasi, dan rasa terbakar. Meski dapat mempercepat penyembuhan jerawat, penggunaan tea tree oil pada beberapa orang juga bisa memicu iritasi dan risiko alergi.

Menggunakan teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang cukup populer di Indonesia. Seperti sudah Anda ketahui, teh hijau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan studi yang dimuat di Journal of Bioscience and Bioengineering, teh hijau mengandung flavonoid dan tanin yang bisa mengatasi peradangan dan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar