3 Daerah Berpeluang jadi Ibu Kota Baru Provinsi Jawa Barat

3 Daerah Berpeluang jadi Ibu Kota Baru Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung Barat yang punya destinasi wisata Tangkuban Parahu menjadi salah satu calon ibu kota baru Provinsi Jabar. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Pemprov Jawa Barat akan memindahkan ibu kota provinsi dari Kota Bandung ke daerah lain. Sudah ada tiga daerah yang menjadi calon ibu kota baru Provinsi Jabar.

Yakni Tegalluar (Kabupaten Bandung), Walini (Kabupaten Bandung Barat) dan Segi Tiga Rebana (Kabupaten Majalengka).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jabar Taufiq Budi Santoso, Jumat (30/8), dalam siaran persnya, menjelaskan, urgensi pemindahan pusat pemerintahan Jabar adalah tuntutan peningkatan kinerja pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Hal itu sangat tergantung dari koordinasi antar-OPD se-Jabar. “Alasan mendasar efektivitas dan efisiensi pelayanan, mengingat lokasi kantor Pemerintahan Pemprov Jabar masih terpisah," katanya.

Selain itu, adanya keunggulan konektivitas kawasan dengan adanya pembangunan Kereta Cepat, BIJB, Tol Cipali dan Tol Cisumdawu.

Selain efektivitas dan efisiensi, kata Taufiq, pemindahan pusat pemerintahan dilatarbelakangi untuk mengurangi beban Kota Bandung. Dengan memindahkan pusat pemerintahan, Jabar juga akan memiliki kota baru yang berkualitas, moderen dan berkelanjutan.

BACA JUGA: Ari Darmastuti Usul Pemindahan Ibu Kota Dikaji Ulang dari 3 Aspek

“Mengurangi beban Kota Bandung dengan membuat kota baru yang berkualitas, moderen serta berkelanjutan (sustainable). Sehingga, beban yang di Bogor, Depok dan Bekasi maupun Bandung Raya berkurang sehingga kedua metropolitan itu dapat melakukan pemulihan, city repair,” kata Taufiq.

Provinsi Jawa Barat akan memindahkan ibu kota dari Kota Bandung ke daerah lain, ada tiga daerah yang sedang dikaji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News