JPNN.com

3 Diet Sehat untuk Remaja

Minggu, 01 September 2019 – 23:05 WIB 3 Diet Sehat untuk Remaja - JPNN.com

jpnn.com - Demi mendapat bentuk tubuh yang ideal, tak sedikit remaja yang menerapkan metode diet tertentu. Bila ingin mengatur pola makan untuk menurunkan atau menjaga berat badan di rentang optimal, para remaja perlu melakukannya dengan berpegangan pada prinsip di bawah ini:

1. Jumlah kalori

Berdasarkan penuturan dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KliKDokter, salah satu kunci diet sehat ialah kandungan kalori yang seimbang. Ingat, remaja membutuhkan jumlah kalori yang cukup untuk menunjang pertumbuhan. Karena itu, hindari pembatasan kalori, termasuk memasok kalori ke dalam tubuh, secara berlebihan.

"Jangan makan dalam jumlah porsi yang terlalu sedikit, karena dapat mengganggu pertumbuhan. Acuannya, Anda dapat membagi diet menjadi 3 porsi makan besar, dan 2 camilan porsi kecil. Jika terbiasa makan secara berlebihan, Anda dapat mengurangi porsinya sedikit demi sedikit," saran dr. Alvin.

2. Kandungan nutrisi

Jangan melupakan makanan yang kaya protein dan kalsium, seperti daging, susu, dan telur. Pilihlah sumber karbohidrat yang lebih baik untuk kesehatan, misalnya gandum dan nasi merah. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai buah dan sayuran dalam porsi cukup setiap hari.

3. Berolahraga

Diet tidak akan berlangsung dengan optimal jika tidak disertai dengan olahraga. Karenanya, agar kesehatan tetap terjaga dan laju pertumbuhan juga optimal, diet sehat mesti disandingkan dengan olahraga secara teratur.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...