3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Isolasi Mandiri

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Isolasi Mandiri
Kebutuhan tabung oksigen untuk pasien COVID-19 di Cianjur yang menjalani isolasi mandiri di rumah, meningkat sejak dua pekan terakhir. Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, JAKARTA - Pakar ilmu kesehatan Universitas Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama mengemukakan tiga hal penting yang harus diperhatikan warga selama menjalani isolasi mandiri (isoman) proses penyembuhan COVID-19.

"Dengan terus meningkatnya kasus COVID-19, maka amat banyak anggota masyarakat yang harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Sebenarnya ada cukup banyak yang harus disiapkan dalam menjalani isolasi mandiri, tetapi secara praktis dapat dibagi menjadi tiga bagian utama," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (4/7).

Pertama, katanya, kebutuhan sehari-hari harus tetap terjaga baik. Misalnya, makan dan minum yang baik, istirahat yang cukup, ruang isolasi berventilasi baik, pakaian dan tempat tidur yang memadai.

Anggota keluarga pun harus dijamin keamanannya, misalnya jangan sampai ada arus pendek listrik di kamar karena pasien tertidur sambil alat elektronik menyala, atau tergelincir di kamar mandi karena penuh air, tidak dibersihkan.

"Harus ada dukungan moral dan sikap positif dari anggota keluarga dan kerabat. Tentu RT/RW setempat harus diinformasikan terkait proses isolasi di rumah," katanya.

Kedua, menurut Prof Tjandra, adalah aspek kesehatan, seperti obat-obatan, baik untuk COVID-19 maupun untuk penyakit penyerta yang mungkin ada, dan sudah rutin dikonsumsi.

"Monitor keadaan kesehatan seperti ada tidaknya keluhan demam, batuk, sesak napas, sakit kepala, nyeri tubuh, diare, dan lainnya," katanya.

Tjandra mengatakan yang penting diawasi ada situasi perburukan dari keluhan yang dimonitor selama dua hingga tiga kali sehari.

Prof Tjandra Yoga Aditama menyebut 3 hal penting yang harus diperhatikan selama menjalani isolasi mandiri (isoman) proses penyembuhan COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News