JPNN.com

3 Kegagalan Jokowi Versi Irwan Fecho, Ketiganya Sedang Terjadi Saat ini

Selasa, 20 Oktober 2020 – 16:20 WIB
3 Kegagalan Jokowi Versi Irwan Fecho, Ketiganya Sedang Terjadi Saat ini - JPNN.com
Presiden Joko Widodo. Foto: Instagram Jokowi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Irwan Fecho mencatat ada tiga kegagalan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang genap setahun memimpin di periode kedua pemerintahannya.

Ketiga kegagalan itu pun sedang terjadi dan dialami oleh masyarakat saat ini. Ketiganya adalah merajalelanya pandemi Covid-19; ekonomi; dan gagal dalam berdemokrasi. 

"Saya mencatat tiga kegagalan pemerintahan Jokowi setelah satu tahun berkuasa pada periode kedua. Hal itu ditandai dengan merebaknya pandemi Covid-19 di awal pelantikannya," ucap Irwan dalam keterangan yang diterima jpnn.com, Selasa (20/10).

Menurut anggota Komisi V DPR ini, Jokowi Gagal dalam penanganan pandemi covid-19 di tanah air. Pemerintah terbukti lamban dalam mengambil kebijakan yang tepat.

"Terlepas dari tidak memilih lockdown dan memilih Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tetapi pemerintah juga faktanya lamban menutup bisnis, sekolah, dan membatasi perjalanan," ucap wasekjen DPP Partai Demokrat itu.

Parahnya lagi, kata dia, sudah lambat memberlakukan pembatasan, tetapi pemerintah juga dengan sangat cepat mencabut PSBB dan menggantinya dengan penerapan new normal, bahkan ketika kasus justru terus meningkat.

Kedua, kata Irwan, pemerintahan Jokowi gagal dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Presiden Ketujuh RI itu bersama pembantunya terbukti tidak bisa menyelamatkan Indonesia dari jurang resesi pada kuartal ketiga.

"Faktanya realisasi pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) pada kuartal II tahun ini minus 5,32 persen. Sementara kuartal III dipastikan minus dengan proyeksi antara minus 2,9 persen sampai minus 1 persen. Itu juga sudah dikonfirmasi oleh menteri keuangan," tutur legislator asal Kalimantan Timur ini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy