Minggu, 17 Februari 2019 – 19:23 WIB

3 Kiat Sehat Turunkan Berat Badan untuk Remaja

Minggu, 10 Februari 2019 – 08:19 WIB
3 Kiat Sehat Turunkan Berat Badan untuk Remaja - JPNN.COM

jpnn.com - Usia remaja adalah masa di mana seseorang bertumbuh dan berkembang serta siap memasuki masa pubertas. Perubahan pada fisik – misalnya berat badan naik – dan emosi wajar terjadi, sehingga penting untuk menyiapkan dan mental sebaik mungkin.

Salah satu ciri remaja adalah ingin tampil sebaik mungkin dengan tubuh ideal. Maka tak jarang, beberapa dari mereka melakukan diet yang cenderung ketat. Hal tersebut tentu tidak baik bagi tubuh karena bisa mengganggu proses pertumbuhan yang sedang terjadi.

“Masa remaja merupakan fase tubuh untuk bertumbuh dan berkembang secara signifikan. Demi mencapai pertumbuhan yang maksimal, tubuh memerlukan banyak nutrisi. Perkembangan otak untuk kecerdasan juga membutuhkan asupan gizi yang cukup,” ujar dr. Rio Aditya kepada KlikDokter.

dr. Rio menegaskan bahwa jika remaja melakukan diet yang keliru hanya untuk mendapatkan tubuh idaman, dia akan mengalami gangguan pertumbuhan. Menurutnya, diet hanya disarankan untuk remaja yang memiliki berat badan berlebihan, seperti obesitas.

Namun, ada beberapa tips sehat yang mampu dilakukan untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Healthline, simak tips sehat berikut.

1. Kurangi asupan manis

Salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan berlebih adalah dengan mengurangi asupan manis. Konsumsi permen, soda, minuman berenergi, teh manis, dan lainnya sarat dengan gula tambahan. Makanan-makanan ini mesti segera dipangkas mulai dari sekarang.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi gula tambahan yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada remaja. Selain itu, risiko seperti diabetes tipe 2, penyakit hati berlemak, jerawat, dan gigi berlubang akan meningkat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar