3 Kunci Menjadi Startup Minim Modal ala Bos Dusdusandotcom

3 Kunci Menjadi Startup Minim Modal ala Bos Dusdusandotcom
Co-Founder Dusdusan.com Christian Kustedi. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Segudang pertanyaan tentu tebersit ketika ingin membangun bisnis rintisan (startup) dari nol. Mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan hingga paling krusial ialah modal.

Co-Founder Dusdusan.com Christian Kustedi ingin berbagi bagaimana membangun perusahaan rintisan terkait keterbatasan modal yang dimiliki.

  • Menunda Reward

Menurut Kustedi, menunda reward maksudnya dalam arti menunda mengeluarkan biaya yang tidak berdampak langsung bagi percepatan pertumbuhan bisnis.

BACA JUGA: Jumlah Startup di Indonesia Melonjak

“Saat pertumbuhan perusahaan cukup signifikan, seringkali founder merasa cukup puas dan mulai masuk mode comfort zone. Mulai tercetus ide pindah ke gedung perkantoran elit atau renovasi kantor, dan lain-lain," kata Kustedi.

"Saya menganjurkan sebaliknya. Ketika bisnis sudah bertumbuh, lihat kembali peta bisnis dan market size yang dituju. Tunda dulu hal-hal yang tidak mempercepat bisnis mencapai visi utamanya. Yang perlu diingat adalah setiap rupiah yang dikeluarkan harus berkontribusi pada pertumbuhan bisnis.”

  • Sisi Pemasaran

Era digitalisasi ini semakin banyak marketing tools yang tersedia, salah satunya media sosial. Dibanding dengan metode pemasaran konvensional, pemasaran digital relatif memiliki keunggulan lebih cepat, efisien, mempunyai target yang jelas dan dapat dipantau secara real time.

“Setiap rupiah yang kita punya sangat berarti untuk bertahan di era digitalisasi ini. Dalam segi pemasaran, gunakan plaform-platform beriklan yang bisa diawasi dengan mudah dan jelas, misal Facebook dan Google Ads,” tambah Kustedi.

Co-Founder Dusdusan.com Christian Kustedi ingin berbagi bagaimana membangun perusahaan rintisan (startup) terkait keterbatasan modal yang dimiliki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News