JPNN.com

3 Makanan Pemicu Asam Urat

Minggu, 10 Maret 2019 – 09:03 WIB 3 Makanan Pemicu Asam Urat - JPNN.com

jpnn.com - Tak hanya emping, ada deretan makanan lain yang juga bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh Anda. Tentunya makanan tersebut perlu dihindari oleh orang-orang yang sudah terlanjur terkena asam urat. Berikut ini adalah deretan makanan yang dimaksud:

1. Daging merah

Tak sedikit orang yang menyukai daging merah. Dijadikan bentuk makanan apa pun, daging merah memang nikmat disantap. Sayangnya, menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, daging merah juga harus diwaspadai karena turut berkontribusi meningkatkan asam urat.

"Berhati-hatilah karena daging merah termasuk ke dalam makanan dengan kandungan purin sedang (90-100 mg per 100 gram). Konsumsinya lebih baik dibatasi dengan jumlah maksimal 50-75 gram (1-1,5 potong) daging," ujar dr. Alvin.

2. Makanan laut

Kabar buruk untuk pencinta makanan laut, terutama kerang. Makanan ini masuk dalam salah satu jenis makanan yang memiliki purin tinggi. Kandungan purinnya bisa mencapai hingga 136 mg per gram.

Selain kerang, ada juga udang yang bisa membahayakan tubuh Anda. Kandungan purin dalam udang mencapai 234 mg per 100 gram. Tak hanya itu, kepiting juga jenis makanan laut yang harus dihindari jika Anda tak ingin mengalami asam urat.

Tak berhenti sampai di situ, Anda juga sebaiknya juga membatasi konsumsi sarden. Ikan ini merupakan salah satu yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Menurut dr. Alvin, sarden bukan pilihan menu yang baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...