3 Modal Ini Harus Ada Agar Indonesia Merdeka dari Covid-19

3 Modal Ini Harus Ada Agar Indonesia Merdeka dari Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada tiga modal agar Indonesia merdeka dari virus tersebut.

"Dalam semangat kemerdekaan ini, saya ingin menyampaikan bahwa tujuan dari perang melawan Covid-19 ini adalah merdeka," ujar Wiku dalam konferensi pers yang dipantau dari Jakarta, Selasa.

Merdeka yang dimaksud Wiku bukan berarti Indonesia dapat lepas seutuhnya dari pandemi, tetapi bisa hidup berdampingan dan mencapai normal baru demi menuju masyarakat produktif yang aman Covid-19.

"Merdeka bukan diartikan sebagai lepas seutuhnya dari Covid-19. Namun, mencapai kehidupan normal baru demi menuju masyarakat produktif," katanya.

Wiku menjelaskan modal pertama yang harus dipenuhi yakni soal kepatuhan menerapkan protokol kesehatan.

Tidak ada cara yang lebih efektif dan paling mudah dibandingkan patuh memakai masker dan menjaga jarak.

Menurutnya, pencegahan penularan Covid-19 harus dilakukan secara disiplin dan terus-menerus untuk mencapai kehidupan produktif yang aman.

Berdasarkan data per 15 Agustus, masih ada sebanyak 25,59 persen desa/kelurahan dengan kepatuhan memakai masker yang rendah serta ada 26,21 persen desa/kelurahan di Indonesia dengan kepatuhan menjaga jarak yang rendah.

Cek di sini, apa saja modal yang harus dipenuhi agar Indonesia bebas atau merdeka dari Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News