3 Pemanis Alami ini Aman Gantikan Gula Pasir

3 Pemanis Alami ini Aman Gantikan Gula Pasir
Ilustrasi gula di pasar retail. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com - Masyarakat kini semakin menyadari bahaya dari konsumsi gula sehari-hari. Berbagai produk pemanis buatan yang mengaku sehat pun bermunculan. Tapi, hati-hati dalam memilih pemanis buatan. Alih-alih ingin menjadi sehat, pengganti gula pasir tersebut justru memicu gangguan kesehatan. Akan lebih baik bila Anda memilih pemanis alami yang jelas sehatnya.

Ganti gula pasir dengan pemanis alami

Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsumsi gula tambahan seperti gula pasir bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti obesitas, jerawat, dan diabetes. Bagi Anda yang ingin mulai meninggalkan gula pasir, berikut sederet bahan alami untuk menggantikan gula pasir.

1. Madu

Merupakan pemanis yang paling sering digunakan untuk menggantikan gula pasir, baik dalam minuman maupun masakan. Bahkan, tak sedikit menu minuman dan makanan yang memang sengaja menggunakan madu sebagai pemberi cita rasa manis.

Madu merupakan hasil dari nektar bunga yang dikumpulkan dan diproses oleh lebah. Kandungan fruktosa di dalamnya memberikan rasa manis yang khas. Selain bisa menggantikan gula, madu juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan.

Mengonsumsi madu bisa membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, sehingga tubuh memiliki kekuatan untuk memerangi radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Dengan begitu, sistem pertahanan tubuh pun  meningkat.

Berbagai studi juga menemukan bahwa konsumsi madu dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsumsi gula tambahan seperti gula pasir bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti obesitas, jerawat, dan diabetes.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News