3 Penyebab Utama Perekaman e-KTP Amburadul

3 Penyebab Utama Perekaman e-KTP Amburadul
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - BANJARMASIN - Kemendagri mendesak agar perekaman e-KTP segera cepat selesai. Di Banjarmasin, hingga saat ini, dari target 450 ribu warga, baru tercapai 442 ribu. Artinya belum sampai 100 persen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin, Khairul Saleh, mengatakan bahwa mereka akan mencoba jemput bola. Nantinya mereka akan mengikuti kegiatan pameran dalam rangka hari jadi Kota Banjarmasin.

"Nah, di stand pameran nanti warga bisa melakukan perekaman. Nanti kami sediakan satu mobil lengkap dengan peralatan perekaman. Tapi ini khusus warga yang masih belum melakukan perekaman," katanya.

Mobil perekaman tersebut tidak berhenti di pameran saja. Setelah selesai pameran, rencananya mobil tersebut akan keliling. "Seperti pembuatan SIM kan ada drive THRU. Nah, rencananya KTP nanti juga kami buat begitu," ujarnya.

Khairul menjelaskan, untuk pembuatan KTP, ada tiga faktor yang bisa menjadi masalah. Yakni blanko yang disuplai dari pusat, koneksi internet serta kelengkapan berkas warga.

"Bila semuanya beres dan tidak ada gangguan, pembuatan E-KTP kami jamin satu hari selesai," tegasnya.

Khairul menambahkan mereka juga berencana untuk membuka pelayanan kependudukan seperti KTP, akta kelahiran, dan kartu keluarga pada Sabtu dan Minggu.

Alasannya, banyak masyarakat yang mengeluh tidak bisa mengurus dokumen kependudukan pada Senin hingga Jumat karena sibuk bekerja.

BANJARMASIN - Kemendagri mendesak agar perekaman e-KTP segera cepat selesai. Di Banjarmasin, hingga saat ini, dari target 450 ribu warga, baru tercapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News