JPNN.com

3 Tahap Pembobolan Rekening Bank Milik Ilham Bintang, Modus SIM Swap Fraud

Senin, 20 Januari 2020 – 08:45 WIB
3 Tahap Pembobolan Rekening Bank Milik Ilham Bintang, Modus SIM Swap Fraud - JPNN.com
Ilham Bintang saat melapor menjadi korban aksi kejahatan pembobolan rekening bank. Foto: Facebook/Ilham Bintang/Ant

jpnn.com, JAKARTA - Kartu SIM ponsel milik Wartawan Senior Ilham Bintang dicuri orang dan rekening bank miliknya dibobol.

CEO & Chief Digital Forensic Indonesia, Ruby Alamsyah, mengungkapkan pelaku melakukan menggunakan modus SIM swap fraud, yakni pergantian kartu SIM secara ilegal sehingga dapat menguasai seluruh akses dari SIM card korban.

Dalam kasus Ilham Bintang, informasi terhadap perbankan melalui aplikasi mobile banking adalah yang diincar pelaku.

"Kejahatan SIM swap fraud ini utamanya membobol rekening bank korban lewat aplikasi mobile banking. Kejahatan ini jelas bukan salah petugas operator," kata Ruby saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu (19/1).

Ruby menjelaskan bahwa sebelum pelaku berhasil membobol rekening korban, ada tiga tahap yang dilakukan.

Pertama, pelaku melakukan pendekatan ke korban yang dinamakan "phising" atau mengelabui korban untuk mendapatkan data-data pribadi.

Modus "phising" dapat dilakukan melalui telepon menghubungi korban, SMS, maupun mengirim link palsu. Perlu diketahui, korban "phising" ini bisa secara acak atau orang tertentu yang dikejar. Dalam kasus Ilham Bintang ini, modus tersebut belum bisa dipastikan.

"Phising ini misalnya saya sebagai pelaku mengaku dari operator bank, menelepon korban untuk verifikasi, bilang ada transaksi mencurigakan sehingga perlu tahu 'username' mobile banking korban," kata Ruby.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo