3 Tips Mencari Pekerjaan dengan Mudah, Perlukah Pakai Orang Dalam?

3 Tips Mencari Pekerjaan dengan Mudah, Perlukah Pakai Orang Dalam?
Para pencari kerja. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran terbuka di Indonesia mencapai 8.746.008 orang pada Februari 2021.

Jumlah tersebut meningkat 26,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ironisnya, sebanyak 999.543 orang di antaranya adalah tamatan universitas.

Vina Muliana, HR Senior Associate di BUMN membagikan tips bagi fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan atau memasuki tahap awal berkarier.

Berikut ada tiga tips mencari pekerjaan ala Vina.

1. 3R untuk Menentukan Minat Karier

Tidak langsung menemukan passion, ternyata Vina juga sempat merasa salah memilih jurusan perkuliahan. Bagi kamu yang merasakan hal serupa, Vina memberikan tips untuk menentukan bidang karier yang ingin kamu pilih.

Pertama, lakukan Research, cari tahu lebih lanjut tentang bidang karier yang sekiranya menarik bagi kamu. 

"Bisa dengan cara mencari referensi dari internet, sampai berbincang dengan orang lain yang menekuni bidang tersebut," kata penerima Forbes 30 under 30 pada tahun 2022 ini dalam diskusi online besutan Sribuu.

Kedua, Reflect. Tinjau kembali bidang karier yang akan kamu ambil.  "Jadi, pastikan sesuai dengan kompetensi dan minat," kata Vina.

Vina Muliana selaku HR Senior Associate di BUMN membagikan 3 tips untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah, apakah perlu pakai orang dalam? 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News