31.645 Guru PAI Lolos Administrasi PPG

31.645 Guru PAI Lolos Administrasi PPG
Guru mengajar di kelas. Ilustrasi Foto: Radar Madiun/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 31.645 guru pendidikan agama Islam (PAI) dinyatakan lolos administrasi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Jumlah tersebut setelah Kementerian Agama menyelesaikan proses verifikasi dan validasi dokumen pengajuan PPG dari 33.600 guru PAI.

“Seluruh guru PAI yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu seleksi akademik guru PAI atau pretest,” kata Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Jumat (28/9).

Menurutnya, pretest akan dilaksanakan serentak pada rentang 4 - 8 November 2019 di tiga zona. Durasi pelaksanaan seleksi di setiap zona tergantung dari jumlah peserta dan ketersediaan tempat ujian kompetensi. Setelah mengikuti pretest, selanjutnya para peserta akan mengikuti proses sertifikasi melalui PPG secara bertahap.

Kamaruddin Amin mengatakan, anggaran Kementerian Agama untuk menyelenggarakan PPG masih sangat terbatas. Selama ini, anggaran yang teralokasikan hanya cukup untuk membiayai sekitar 2000 guru PAI.

Sejalan dengan itu, Kamaruddin mengaku, pihaknya tengah mempersiapkan regulasi yang mengatur agar guru bisa membiayai sendiri pelaksanaan sertifikasinya.

“Pada 2020, kami berharap peserta yang akan disertifikasi mencapai 8.000 hingga 10.000,” kata Kamarunddin.

Hal senada disampaikan Direktur Pendidikan Agama Islam Rohmat Mulyana. Kemampuan pemerintah dalam mensertifikasi guru per tahun hanya pada kisaran dua ribuan. Itu berarti, butuh waktu sekitar 15 tahun untuk menyelesaikan sertifikasi guru PAI yang mencapai 30 ribu..

Jumlah tersebut setelah Kementerian Agama menyelesaikan proses verifikasi dan validasi dokumen pengajuan Pendidikan Profesi Guru alias PPG dari 33.600 guru PAI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News