3.682 Rumah di Kabupaten Malang Rusak Akibat Gempa

3.682 Rumah di Kabupaten Malang Rusak Akibat Gempa
BNPB mencatat total warga meninggal dunia berjumlah enam orang dan satu lainnya mengalami luka berat akibat gempa Malang. Foto: Foto dok for jpnn

jpnn.com, MALANG - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 pada Sabtu (10/4), merusak 3.682 rumah di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mencatat, berdasarkan data terakhir yang dihimpun, dari 24 kecamatan yang terdampak gempa, ada sebanyak 3.682 rumah mengalami kerusakan.

"Dari total tersebut, sebanyak 1.571 unit rumah mengalami rusak ringan, 1.115 rumah rusak sedang, dan 996 unit rumah rusak berat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono, Senin (12/4).

Sadono menambahkan, selain ribuan rumah warga yang mengalami kerusakan itu, BPBD Kabupaten Malang juga mencatat ada kerusakan pada 170 unit sekolah, 45 unit tempat ibadah, sembilan unit fasilitas kesehatan, dan 13 bangunan fasilitas umum rusak.

"Untuk jumlah korban jiwa hingga siang ini tiga, sedangkan yang luka jadi 54 orang," kata Sadono.

BPBD Kabupaten Malang juga telah mendirikan dapur umum untuk menyiapkan pasokan makanan kepada warga yang terdampak gempa.

Dapur umum dipusatkan di lima wilayah yang terdampak cukup parah akibat gempa.

"Kemarin kami menyiapkan dua dapur umum, kemudian ada tambahan dari Dinas Sosial di tiga lokasi lainnya. Dapur umum disiapkan di Turen, Dampit, dan Ampelgading," kata Sadono.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 pada Sabtu (10/4), merusak 3.682 rumah di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News