37.620 Unit Bus Angkut Pemudik

37.620 Unit Bus Angkut Pemudik
37.620 Unit Bus Angkut Pemudik
JAKARTA - Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) menyiapkan 37.620 unit bus di seluruh Indonesia yang dioperasikan untuk mengangkut pemudik selama masa angkutan lebaran. Tahun ini diprediksi ada sekitar 5,59 juta orang yang akan mudik menggunakan transportasi darat.

"Jumlah penumpang angkutan jalan tahun ini diperkirakan naik 1,3 persen. Dari sebelumnya 5,52 juta orang di tahun 2011 menjadi 5,59 juta orang tahun ini. Sebagian besar naik bus," ujar ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Soeroyo Alimoesa saat pembukaan Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2012 di lantai tujuh gedung Kemenhub.

Dalam rangka itu, Organda telah menyiapkan armadanya, terdiri dari 21.395 bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), lalu 13.875 bus AAKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dan 2.350 bus Pariwisata (carter-red). "Dengan banyaknya bus yang dioperasikan saya minta agar kualifikasi pengemudi dijaga. Kalau bisa diberi pembekalan bagaimana meningkatkan keselamatan,"cetusnya

Soero yo menyadari bahwa seringkali saking banyaknya penumpang yang dilayani, pengusaha bus melupakan faktor-faktor keselamatan dan kenyaman penumpang. "Mereka kerap merekrut pengemudi tambahan untuk angkutan lebaran sehingga kurang menguasai rute yang akan dilalui, terutama bagi para pengemudi yang tidak terbiasa melalui jalur mudik," ungkapnya.

JAKARTA - Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) menyiapkan 37.620 unit bus di seluruh Indonesia yang dioperasikan untuk mengangkut pemudik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News