3.905 Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Air

3.905 Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Air
Sujud syukur jemaah haji saat tiba di Indonesia. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, BANDA ACEH - Jemaah haji Aceh Kloter 12 dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar Rabu (26/9).

Sementara Kloter 11 dijadwalkan tiba sehari sebelumnya. Hingga berita ini diterbitkan, sudah 3.905 jamaah haji Debarkasi Aceh kembali ke tanah air.

Ketua Debarkasi Aceh, HM Daud Pakeh menyebutkan Kloter 11 berasal dari Pidie Jaya, Aceh Tamiang dan Pidie. Sementara Kloter terakhir dari Simeulue, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Besar, Pidie Jaya dan Pidie.

"Alhamdulillah seluruh jemaah Kloter 11 sudah melaksanakan Salat Arbain di Masjid Nabawi sejak subuh Ahad (16/9), sampai shalat isya' Ahad (23/9)," jelasnya, Senin (24/9).

"Hari ini (kemarin) seluruh jemaah Kloter 11, telah meninggalkan hotel (check out) tepatnya pada pukul 10.45 WAS, menuju Bandara AMAA Madinah. Sedangkan chek out bandara pada pukul 16.45 WAS menuju Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar. Diperkirakan, Garuda Indonesia, flight nomor GA2211, tiba di Debarkasi pada pukul 04.40 WIB," sambung Daud Pakeh.

Lanjutnya, jumlah jemaah saat berangkat bulan lalu 383 orang. Ditambah 5 petugas kloter, 3 TPHD, maka jumlah jamaah semua dalam kloter yang diketuai Drs H Kamaruddin itu, ada 391 orang.

"Namun yang ikut pemulangan sebanyak 381 orang. Satu jemaah meninggal dunia, almarhum H Muhammad Ali Puteh (meninggal 30 Agustus di Mekkah). Dan seorang jamaah tanazul awal ke Kloter 3, yakni Hj Fatimah binti Johan, karena sakit," sebut Kakanwil.

Kloter ini dibantu Drs H Kamaruddin (TPHI), H Abdul Aziz Arfi Lc (TPIHI), serta H Darmawan, H Muzauwir dan Hj Gita Apriani selaku dokter/paramedis.

Jemaah haji Aceh Kloter 12 dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar Rabu (26/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News