4 ABK Dox Dili Akhirnya Bisa Pulang ke Indonesia

4 ABK Dox Dili Akhirnya Bisa Pulang ke Indonesia
Dubes Indonesia untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin. Foto: ANTARA/Kenzu Tandiah

jpnn.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Nairobi pada Sabtu (27/8) memulangkan 4 orang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang selama tiga bulan terakhir menghadapi masalah di Somalia.

Keempat ABK Indonesia itu mengalami masalah selama bekerja di kapal Dox Dili di Somaliland, Somalia, menurut keterangan KBRI Nairobi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Para ABK asal Jawa Tengah itu bermasalah karena selama bekerja di kapal Dox Dili sejak Maret 2022, mereka belum juga memperoleh gaji dan menuntut pihak kapal untuk segera membayarkan gaji mereka.

Sebelum tercapainya kesepakatan pada 12 Juni 2022, para ABK Indonesia itu meninggalkan kapal dan kemudian menginap di hotel.

 Para ABK itu mengaku mendapat janji dari agen pengirim mereka di Indonesia akan bertanggung jawab untuk memulangkan mereka ke Indonesia.

Pihak kapal Dox Dili menolak memulangkan para ABK karena mereka telah mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan para ABK dari Indonesia. Pihak Dox Dili meminta para ABK kembali bekerja dan berjanji gaji akan dibayarkan, tetapi para ABK bersikukuh tidak mau kembali bekerja.

Setelah lewat satu bulan tanpa kesepakatan, pihak kapal akhirnya mengizinkan para ABK pulang ke Indonesia dengan syarat membeli tiket sendiri dan membayar hotel yang mereka tempati sejak awal Juni.

Atas tekanan KBRI Nairobi, akhirnya pihak Dox Dili berjanji membelikan tiket untuk kepulangan para ABK ke Indonesia, namun menolak untuk membayarkan hotel tempat para ABK menginap hampir dua bulan, dengan alasan bukan pihak kapal yang menempatkan mereka di hotel tersebut.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Nairobi pada Sabtu (27/8) memulangkan 4 orang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dari Somalia

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News