4 Alasan GMT Tahun Ini Disebut Atraksi Tuhan buat Indonesia

4 Alasan GMT Tahun Ini Disebut Atraksi Tuhan buat Indonesia
Jembatan Ampera di Palembang akan menjadi salah satu lokasi para turis menikmati GMT. Foto: Sumatera Ekspres/JPG

jpnn.com - JAKARTA – Gerhana Matahari Total  (GMT) tahun ini begitu istimewa. Banyak astronom dunia menyebut, GMT 2016 seperti atraksi Tuhan yang spesial buat Indonesia. 

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan, pujian itu tidak lah berlebihan.

Pertama, hanya wilayah Indonesia yang dilewati oleh fenomena langka tersebut. Wilayah lainnya adalah berupa hamparan lautan di Samudra Pasifik dan berakhir di Hawaii.

Kedua, Di wilayah Indonesia, GMT menciptakan bayangan bulan berbentuk elips seluas 100-150 km di 11 provinsi di Indonesia. Masyarakat bisa menyaksikan fenomena tersebut di Indonesia barat pada pukul 07.30 WIB, Indonesia tengah pada 08.35 WITA, dan Indonesia timur pada pukul 09.50 WIT.

Ketiga, warga dunia juga antusiasi menyambut GMT di Indonesia karena GMT pada Rabu pagi, 9 Maret nanti adalah yang pertama terjadi pada abad ke-21.

Keempat, jika melewatkan momen GMT 9 Maret 2016, maka baru bisa menikmatinya lagi pada 20 April 2023. (bil/wan/kim/sam/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News