JPNN.com

4 Cara Aman Menambah Berat Badan

Selasa, 03 September 2019 – 04:31 WIB
4 Cara Aman Menambah Berat Badan - JPNN.com
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Menurut data dari organisasi kesehatan dunia atau WHO, pada tahun 2016 terdapat lebih dari 1,9 juta orang dewasa yang berusia lebih dari 18 tahun mengalami obesitas dan berat badan berlebih. Namun. ada juga yang sebaliknya, justru berat badannya berada di bawah ideal alias kurus. Tak heran, beberapa orang justru sibuk mencari cara untuk menambah berat badan.

Berdasarkan perhitungan indeks massa tubuh, berat badan kurang atau underweight adalah mereka yang memiliki indeks massa tubuh di bawah 18,5. Banyak orang yang bertubuh kurus tetap sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan. Namun berat badan yang kurang juga dapat menjadi masalah bagi kesehatan.

Menurut studi yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Public Health, disebutkan bahwa berat badan kurang dapat meningkatkan risiko kematian dini pada pria hingga 140 persen dan kematian dini pada wanita hingga 100 persen.

Sebagai perbandingan, menurut jurnal yang sama, mereka yang obesitas mengalami peningkatan risiko kematian dini hingga 50 persen. Berarti, memiliki berat badan kurang risiko bagi kesehatannya jauh lebih besar.

Seperti dilansir pada American Journal of Clinical Nutrition, seseorang yang memiliki berat badan di bawah batas normal dapat mengalami peningkatan risiko infeksi, gangguan daya tahan tubuh, osteoporosis, fraktur atau patah tulang dan gangguan kesuburan. 

Ingin berat badan naik? Lakukan ini!

Kebanyakan orang mungkin kesulitan untuk menurunkan berat badan. Namun bagi mereka yang bertubuh kurus, menaikkan berat badan juga membutuhkan perjuangan tersendiri, lo. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan berat badan secara sehat:

1. Perbanyak asupan kalori daripada kalori yang dikeluarkan

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy