Selasa, 22 Januari 2019 – 15:10 WIB

4 Cara Memilih Olahraga yang Cocok untuk Anda

Sabtu, 12 Januari 2019 – 05:08 WIB
4 Cara Memilih Olahraga yang Cocok untuk Anda - JPNN.COM

jpnn.com - Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula jenis olahraga baru yang muncul. Tidak jarang hal tersebut membuat orang sulit memilih jenis olahraga apa yang tepat untuk kondisi tubuh dan kebutuhan mereka. Mungkin Anda juga salah satu yang mengalaminya.

Untuk memperoleh kebugaran yang maksimal, olahraga harus dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, pilihlah jenis olahraga yang benar-benar akan Anda lakukan secara berkelanjutan. Sebelum bingung, berikut cara memilih jenis olahraga yang cocok untuk Anda:

1. Sesuai target

Sebelum memilih jenis olahraga, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu target yang ingin dicapai. Terlepas dari meningkatkan kebugaran, setiap jenis olahraga memiliki efek spesifik yang berbeda bagi tubuh. Sebagai contoh: ada jenis olahraga yang berfokus pada bagian otot tertentu pada tubuh, menurunkan berat badan, melatih pernapasan, dan sebagainya.

Tentu saja target setiap orang dapat berbeda sehingga Anda tidak dapat menggantungkan pilihan olahraga kepada orang lain. Misalnya, bagi seseorang yang ingin memperoleh bentuk tubuh ideal, olahraga angkat beban bisa menjadi pilihan yang tepat baginya. Namun, belum tentu hal tersebut cocok untuk Anda. Olahraga yang tidak sesuai target, hanya akan membuat Anda melakukannya dengan setengah hati.

2. Sesuai jadwal

Setiap orang memiliki rutinitas harian yang berbeda-beda. Alangkah baiknya bila Anda memilih jenis olahraga yang disesuaikan dengan jadwal harian. Rencanakan olahraga di waktu luang. Misalnya, apakah Anda lebih mungkin berolahraga di pagi hari sebelum bekerja atau justru malam hari setelah selesai bekerja.

Selain itu, Anda perlu memperkirakan durasi olahraga dengan waktu yang Anda miliki. Kemudian, sesuaikan lokasi olahraga dengan tempat tinggal atau kerja Anda. Dengan memilih jadwal yang tepat, Anda bisa memaksimalkan kualitas olahraga yang dilakukan tanpa terganggu oleh rutinitas harian. Anda yang lebih tahu di mana saatnya tubuh Anda siap untuk berolahraga atau tidak.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar