JPNN.com

4 Kiat Mengatasi Sakit Kepala Saat Olahraga

Minggu, 15 September 2019 – 18:04 WIB 4 Kiat Mengatasi Sakit Kepala Saat Olahraga - JPNN.com
Pusing saat berolahraga. Foto Akkalak-Aiempradit/Shutterstock

jpnn.com - Saat sedang berusaha membuat tubuh lebih sehat dan fit dengan olahraga, sakit kepala bisa tiba-tiba menyerang. Sakit kepala semacam itu bisa dirasakan di satu sisi kepala atau berdenyut-denyut di seluruh kepala.

Sakit kepala yang berhubungan dengan olahraga ini dikenal sebagai primary exercise headache. Jangan khawatir, ada beberapa tips untuk mengatasinya.

Mengapa bisa sakit kepala saat atau setelah berolahraga?

Beberapa hal bisa menjadi penyebab timbulnya gejala sakit kepala saat berolahraga. Misalnya saat Anda sedang mengejan yang meningkatkan tekanan intrakarnial (tekanan di rongga kepala), yang pada akhirnya mencetuskan gejala nyeri akibat tekanan yang cukup tinggi.

Lalu, saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan adrenalin dan senyawa kimia lainnya. Pada waktu ini, senyawa-senyawa yang dilepaskan tersebut dapat meningkatkan laju nadi dan pernapasan.

Kondisi tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan aliran darah ke otak menjadi tidak stabil dan membuat struktur pembuluh darah otak tidak signifikan. Akibat adanya perubahan struktur dan fisiologis tersebut, akhirnya menyebabkan rangsangan nyeri di kepala menjadi sensitif.

Tips mengatasi sakit kepala saat atau setelah olahraga

Tak perlu langsung menghentikan kebiasaan Anda berolahraga atau bahkan kapok. Anda bisa mengatasi sakit kepala saat atau setelah berolahraga dengan melakukan tips di bawah ini.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...