4 Makanan yang Membantu Mengencerkan Darah Anda Kembali

4 Makanan yang Membantu Mengencerkan Darah Anda Kembali
Kacang almond. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - TUBUH kita memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengentalkan dan mengencerkan darah.

Darah yang kental tidak selalu buruk. Hal ini karena membantu darah Anda membentuk gumpalan yang mencegah pendarahan parah setelah cedera.

Namun perlu diingat, kekentalan darah yang tidak normal bisa menyebabkan pembentukan gumpalan secara spontan, menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kondisi ini dikenal sebagai hiperkoagulabilitas. Ini terjadi ketika darah Anda lebih kental dan lengket dari biasanya dan disebabkan oleh kelainan dalam proses pembekuan darah.

Ketika darah Anda terlalu kental, hal itu memengaruhi sirkulasi oksigen, nutrisi, dan hormon dalam darah dan bisa menyebabkan kekurangan nutrisi serta rendahnya kadar oksigen atau kondisi yang dikenal dengan hipoksia.

Meskipun sebagian besar dokter meresepkan obat pengencer darah, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari makanan alami yang membantu mengencerkan darah kental.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Jahe

Menurut University of Maryland Medical Center, studi pendahuluan menunjukkan bahwa jahe bisa membantu mencegah pembekuan darah.

Ada beberapa jenis makanan sehat dan bergizi yang bisa membantu mengencerkan darah Anda kembali dan salah satunya tentu saja bawang putih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News