4 Menu Makan Siang ini Bisa Bikin Lebih Produktif

4 Menu Makan Siang ini Bisa Bikin Lebih Produktif
Sayuran. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - Setelah makan siang malah jadi lemas dan mengantuk? Anda tak sendirian. Untuk menghindarinya, coba, deh pilih menu makan siang yang bisa membantu Anda lebih produktif setelah melahapnya.

Rasa kenyang lalu lemas dan mengantuk setelah makan siang bisa dicegah atau diminimalkan, asal Anda memilih menu yang tepat. Menu makan siang yang menyehatkan biasanya tetap bisa membuat Anda terisi tanpa bikin Anda terlalu mengantuk. Dengan begitu Anda pun bisa tetap produktif.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah pilihannya:

1. Roti gandum isi selai kacang dan irisan pisang
Mungkin Anda berpikir makan siang nasi Padang lebih memuaskan. Jangan salah, Anda bisa tetap kenyang meskipun yang Anda makan adalah roti isi. Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter, tak hanya enak dan mengenyangkan, selain kacang juga kaya akan lemak sehat dan merupakan sumber protein yang baik.

Bagi Anda yang sedang mengurangi asupan daging tetapi tak mau kehilangan protein, maka makan dengan selai kacang adalah solusi terbaik.

“Dua sendok makan selai kacang mengandung 8 gram protein dan 3 gram serat,” jelas dr. Nitish. Selai kacang adalah makanan yang cukup tinggi kalorinya. Dua sendok makan selai kacang, mengandung sekitar 200 kalori. Dengan demikian, Anda tak usah takut lemas karena kelaparan.

2. Ayam panggang tanpa kulit dan lemak
Penyuka daging ayam tentu tetap dapat mengonsumsi menu yang satu ini. Pilihlah bagian ayam yang lebih sehat, yaitu bagian dada yang kadar lemaknya paling sedikit dan tanpa kulit. Dibanding daging merah, dada ayam kandungan lemaknya lebih sedikit.

Daging ayam panggang juga dapat dikonsumsi dengan karbohidrat berupa kentang panggang dan juga tumis sayuran. Meski kandungan lemaknya sedikit, tetapi daging ayam tetap mengandung zat besi, seng, dan kalium yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.

3. Piza sayuran
 
Malas memasak sendiri untuk bawa bekal makan siang? Coba saja pesan piza yang topping-nya sayur-sayuran. Pasalnya, dikatakan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, piza dengan topping sayuran mengandung vitamin C dan A. Percaya atau tidak, faktanya piza memiliki kandungan serat (3,2 gram) yang bisa membantu melancarkan saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol!

Empat menu makan siang sehat yang disarankan di atas dapat membuat Anda lebih produktif dan tidak loyo. Jika selama ini Anda jadi tidak bergairah setelah makan siang, ada kemungkinan menu makan siang Anda tinggi kalori tapi sedikit gizi. Jadi ubahlah menj

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News