JPNN.com

4 Negara Sudah Punya Tiket 8 Besar Piala Dunia FIBA 2019

Sabtu, 07 September 2019 – 10:46 WIB 4 Negara Sudah Punya Tiket 8 Besar Piala Dunia FIBA 2019 - JPNN.com
Tiga pemain Spanyol mengadang shooter Italia. Foto: ANTARA/REUTERS/Jason Lee

jpnn.com, BEIJING - Spanyol, Serbia, Polandia dan Argentina menjadi empat negara pertama yang memastikan lolos ke perempat final Piala Dunia FIBA 2019.

La Roja, julukan tim basket putra Spanyol, mengantongi satu tiket 8 Besar setelah meredam Italia 67-60 dalam laga putaran kedua di Grup J, di Wuhan, Jumat (6/9) kemarin.

Pelatih Spanyol Sergio Scariolo mengatakan, kunci kemenangan mereka atas Italia ialah mematikan barisan penembak tripoin lawan. Menurut Scariolo, Italia merupakan tim terbaik soal tripoin di antara semua peserta di Tiongkok.

"Saya pikir barisan pertahanan pantas mendapat sorotan setelah sukses meredam tim dengan barisan penembak tripoin mereka, yang hanya meraih angka dari 20 persen percobaannya," kata Scariolo selepas laga dilansir laman resmi FIBA.

BACA JUGA: 8 Tim Sempurna di Putaran Pertama Piala Dunia FIBA 2019

Catatan statistik memang memperlihatkan Italia hanya bisa meraup angka empat kali dari 20 percobaan tripoin yang mereka lepaskan atau tingkat akurasi 20 persen. Angka itu turun drastis dibandingkan tiga laga sebelumnya, di mana akurasi tripoin Italia mencapai sekurang-kurangnya 40 persen.

Kemenangan atas Italia memastikan langkah Spanyol ke perempat final bersama Serbia dari Grup J. Spanyol dan Serbia akan berhadapan Minggu (8/9) untuk menentukan juara grup.

Format di putaran kedua ini, empat tim di grup (juara dan runner-up grup dari putaran pertama) berhadapan dengan tim yang tidak satu grup di putaran pertama. Misalnya Grup J, berisi Spanyol, Serbia, Italia dan Puerto Riko. Spanyol dan Puerto Riko tak perlu lagi berhadapan karena sudah ketemu di putaran pertama, demikian juga dengan Serbia dan Italia.

Dari Grup I, Argentina dan Polandia tembus perempat final. Polandia melanjutkan perjalanan ajaib mereka setelah menang dramatis atas Rusia 79-74. Sedangkan Argentina mengalahkan Venezuela 87-67. (gilang/ant/jpnn)

Grup di Putaran Kedua Piala Dunia FIBA 2019:
4 Negara Sudah Punya Tiket 8 Besar Piala Dunia FIBA 2019
FIBA

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...