4 Penyakit ini Muncul Karena Kolesterol Tinggi

4 Penyakit ini Muncul Karena Kolesterol Tinggi
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa di Indonesia.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2013 menunjukkan bahwa tujuh dari sepuluh orang dewasa memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa sekitar 50 persen penderita kolesterol tinggi tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami penyakit tersebut.

Ya, kolesterol tinggi memang seringkali tak menunjukkan gejala apapun. Namun sebenarnya, meski terkesan tak berbahaya, membiarkan adanya kolesterol tinggi di dalam darah bagaikan membiarkan ‘bom’ yang bisa meledak sewaktu-waktu.

Kolesterol yang tinggi, bersama dengan beberapa komponen darah lainnya, akan mengendap di pembuluh darah dan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Bila penyempitan pembuluh darah ini terjadi terus, lama kelamaan tubuh tak bisa beradaptasi terhadap hal tersebut.

Jadi, ketika penyempitan pembuluh darah terjadi di otak, maka sewaktu-waktu bisa terjadi stroke. Sedangkan bila penyempitan pembuluh darah terjadi di jantung, bisa terjadi serangan jantung dadakan dan penyakit jantung koroner.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat kolesterol tinggi.

1. Stroke.

Data Riset Kesehatan Dasar pada 2013 menunjukkan bahwa tujuh dari sepuluh orang dewasa memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News