4 Ritual Sebelum Tidur Agar Kulit Lebih Sehat

4 Ritual Sebelum Tidur Agar Kulit Lebih Sehat
Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

jpnn.com - Waktu tidur malam adalah saat tubuh beristirahat mengumpulkan kembali tenaga untuk aktivitas keesokan harinya. Bukan itu saja. Inilah saat bagi tubuh melakukan perbaikan-perbaikan pada sel-sel tubuh yang lelah.

Termasuk perbaikan pada sel-sel kulit. Inilah yang membantu membuat kulit lebih sehat dan segar.

Ya, waktu tidur memang tak boleh disepelekan. Maka tak ada salahnya Anda melakukan beberapa hal yang membantu kondisi kulit siap menjalani regenerasinya. Apa saja hal-hal itu?

1. Bersihkan wajah. Selelah apa pun Anda hari itu, upayakan untuk tidur dalam kondisi kulit wajah yang sudah bersih dari sisa-sisa riasan dan debu yang menempel. Kulit yang kotor menyumbat pori-pori, menghalangi kulit ‘bernapas’ dengan leluasa.

Kondisi ini juga memberi kesempatan pada debu dan kotoran bereaksi dengan minyak wajah. Akibatnya, sumbatan semakin tebal dan bisa menimbulkan radang atau jerawat. Sebaliknya, kulit wajah yang bersih membantu sirkulasi yang baik bagi kulit. Juga mendorong proses perbaikan sel kulit agar berlangsung optimal.

2. Oleskan krim malam. Setelah wajah bersih dan segar, oleskan serum serta krim malam sesuai kebutuhan kulit Anda. Kulit kering, terlebih bila tidur di ruangan ber-AC, membutuhkan pelembab untuk mencegah kulit semakin kering dan kasar.

Serum dan krim malam jaman now pun semakin canggih perannya dalam ‘mereparasi’ kulit. Selama Anda tidur, mereka bekerja menutrisi, mencerahkan, memuluskan, dan mengembalikan kondisi kulit agar kembali sehat secara optimal.

“Krim malam juga berguna untuk meremajakan kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit. Jadi, kulit yang sudah tua akan segera berganti dengan kulit baru yang sehat,” kata dr. Kartika Mayasari kepada Klikdokter.

Waktu tidur memang tak boleh disepelekan. Maka tak ada salahnya Anda melakukan beberapa hal yang membantu kondisi kulit siap menjalani regenerasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News