4 Suplemen Terbaik yang Bisa Dikonsumsi Saat Bulan Puasa

4 Suplemen Terbaik yang Bisa Dikonsumsi Saat Bulan Puasa
Ilustrasi suplemen untuk dikonsumsi sehari-hari. Foto: quasersrl

jpnn.com - Ramadan merupakan bulan yang dinanti oleh setiap umat muslim di dunia.

Sepanjang bulan ini, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam setiap harinya, hingga sekitar 30 hari lamanya.

Bagi Anda yang sangat sibuk atau ragu akan terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan saat berpuasa, konsumsi suplemen bisa dipertimbangkan. Namun, apa jenis suplemen yang terbaik?

Tak dapat dimungkiri, selama bulan puasa tubuh rentan kekurangan zat gizi. Pasalnya, waktu untuk mendapatkan asupan nutrisi jadi terbatas. Sebagai sumber energi saat berpuasa, tubuh akan menggunakan cadangan karbohidrat dan lemak yang tersimpan dalam hati dan otot. Selain itu, untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, kedua ginjal akan berusaha menahan cairan dengan mengurangi frekuensi dan volume buang air kecil.

Meski demikian, tubuh tetap tidak bisa menghindari kehilangan cairan melalui keringat, uap air saat bernapas atau berbicara. Tak hanya ancaman kekurangan energi dan cairan saja, tubuh pun rentan kekurangan mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral.

Untuk menyiasati kemungkinan kekurangan berbagai zat gizi tersebut, Anda dapat mengonsumsi suplemen kesehatan. Jenis suplemen yang dipilih pun tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis suplemen yang baik untuk dikonsumsi selama bulan puasa:

1. Suplemen yang mengandung vitamin C

Bila Anda adalah pribadi yang sibuk dan memiliki banyak kegiatan selama bulan puasa, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit. Anda dapat memilih suplemen yang mengandung vitamin C dengan dosis 500-1000 mg.

Bagi Anda yang sangat sibuk atau ragu akan terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan saat berpuasa, konsumsi suplemen bisa dipertimbangkan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News