Motor

4 Wilayah Percontohan Distribusi Baterai Motor Listrik Honda

4 Wilayah Percontohan Distribusi Baterai Motor Listrik Honda
Honda Mobile Power Pack. (Foto: Honda/Jpnn)

jpnn.com - Sebuah penelitian eksperimen penggunaan baterai pada kendaraan akan dimulai pada Desember 2018. Program ini hasil kesepakatan antara Honda Motor Co., Ltd. dan Panasonic Corporation.

Honda Mobile Power Pack - paket baterai yang bisa dilepas alias dicopot untuk berbagai penggunaan nantinya digunakan pada produk mobilitas listrik, termasuk sepeda motor listrik di Indonesia.

Penelitian dilakukan sebagai salah satu proyek yang disubsidi oleh Organisasi Pengembangan Teknologi dan Energi Baru Jepang (New Energy and Industrial Technology Development Organization/NEDO) berjudul “Eksperimen Penelitian tentang Berbagai Baterai Mobile sebagai Sumber Daya Energi Terdistribusi"

Eksperimen ini akan dilakukan di sejumlah area, yakni Kota Bandung - Jawa Barat, Kota Denpasar - Bali, dan Kecamatan Kuta di Kabupaten Badung - Bali, tulis laman resmi Honda Motor Co., Jumat (13/7).

Langkah percepatan tersebut melihat Indonesia sebagai pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia dan tengah menghadapi masalah polusi udara terkait dengan peningkatan volume lalu lintas.

Mobile Power Pack dan produk mobilitas yang didukung oleh kedua perusahaan nanti diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut dan memberikan dorongan untuk meluasnya penggunaan produk mobilitas listrik.

Dalam program tersebut, kedua perusahaan akan memasang stasiun pengisian daya di beberapa lokasi, yang akan mengisi daya beberapa unit Mobile Power Pack secara bersamaan dan menyediakan Mobile Power Pack terisi penuh untuk pengguna dengan sistem pertukaran.

Untuk memenuhi persyaratan dalam melakukan eksperimen ini, Honda, Panasonic, dan Pacific Consultants Co., Ltd. menandatangani perjanjian untuk mendirikan perusahaan patungan di Indonesia yakni PT HPP Energy Indonesia. (mg8/jpnn)


Honda Motor Co., Ltd. dan Panasonic Corporation bersepakat untuk melakukan program penelitian penggunaan baterai kendaraan yang akan dimulai pada Desember 2018.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News