Kecelakaan Kerja Berulang, Gunhar Minta Investigasi Menyeluruh di PT IMIP Morowali

Kecelakaan Kerja Berulang, Gunhar Minta Investigasi Menyeluruh di PT IMIP Morowali
Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar meminta peristiwa yang terjadi di area pabrik milik PT MTI di dalam Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) itu diinvestigasi. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peristiwa kebocoran pipa gas Acid (gas asam) diduga terjadi di area pabrik milik PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) di dalam Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Beruntung dalam kejadian itu tak sampai menimbulkan korban jiwa.

Peristiwa kebocoran pipa gas itu terjadi pada Selasa (19/3) sekitar pukul 23.00 wita pada saat sedang dilakukan commissioning (uji coba) pengoperasian pabrik asam milik PT MTI.

Sebanyak 40 karyawan di Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) mengalami mengalami sesak napas.

Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar meminta peristiwa yang terjadi di area pabrik milik PT MTI di dalam IMIP itu diinvestigasi.

Menurut Gunhar, telah terjadi kecelakaan kerja berulang kali dan dikhawatirkan mengancam keselamatan para karyawan.

"Keberadaan PT IMIP morowali harus ditinjau ulang terkait kecelakaan kerja dan kejadian ledakan dan kebocoran pipa gas akhir-akhir ini," kata Gunhar dikutip, Selasa (26/3).

Gunhar menilai selama ini belum ada upaya pemerintah untuk melakukan investigasi menyeluruh terkait IMIP di Morowali sehingga berpotensi kecelakaan kerja terulang kembali.

"Setelah ledakan smelter sekarang kebocoran pipa gas, nanti ke depan ada apa lagi terkait kecelakaan kerja di IMIP?" kata dia.

Sebanyak 40 karyawan PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) mengalami kecelakaan kerja di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News