40 Persen Pesawat Lion Air Bakal Kena Pemeriksaan Acak

40 Persen Pesawat Lion Air Bakal Kena Pemeriksaan Acak
Menhub Budi Karya Sumadi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jajarannya segera melakukan ramp check (pemeriksaan kelayakan) terhadap maskapai penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Pengecekan operasional maskapai, pesawat, hingga pilot yang dilakukan dalam beberapa hari ke depan merupakan tindak lanjut dari insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang, Jawa Barat.

"Hal lain yang kami lakukan untuk meningkatkan safety, kami melakukan satu upaya dengan mengadakan pemeriksaan dengan ramp check," kata Budi di Kompleks Istana Negara, Jakarta pada Rabu (31/10).

Prosedur pemeriksaan ini menurutnya hal yang biasa dilakukan Kemenhub. Namun setelah tragedi pesawat Lion Air jenis Boeing 737 Max, jumlah pesawat yang dilakukan ramp check akan lebih banyak.

"Persentasenya lebih banyak, bisa 40 persen dari jumlah pesawat secara random (untuk pesawat Lion Air). (Maskapai) yang lain 10-15 persen," jelasnya.

Dia menambahkan, proses ramp check sendiri akan melibatkan 20-30 pesawat yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Jumlah ini lebih banyak dari biasanya. (fat/jpnn)


Prosedur ramp check ini sudah biasa dilakukan Kemenhub, tapi setelah tragedi JT610, jumlah pesawat Lion Air yang akan diperiksa lebih banyak.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News