40 Tim Mahasiswa Bakal Adu Roket

40 Tim Mahasiswa Bakal Adu Roket
40 Tim Mahasiswa Bakal Adu Roket
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan kembali menggelar Kompetisi Roket Indonesia (Korindo) 2010 pada 26-28 Juni 2010 di pantai Pandansimo, Srandakan, Bantul, Jogjakarta. Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendiknas, Suryo Hapsoro Tri Utomo, menyatakan, kempetisi yang akan digelar untuk ketiga kalinya itu juga menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Hapsoro menjelaskan, kompetisi roket kali ini mengangkat tema Homing Meteo Paylaod. “Maksudnya, roket yang dibuat oleh para mahasiswa ini harus dirancang atau dibangun dengan muatan roket (payload) yang mampu kembali atau menuju sasaran yang telah ditentukan setelah roket tersebut terlepas dan terpisah dari roket peluncur seri RUM70-100-LPN,” jelas Hapsoro pada dalam konferensi pers di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (22/6).

Pada kesempatan sama, juri Kompetisi Roket dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), Endra Pitowarno menjelaskan, roket rancangan mahasiswa yang dilombakan itu berbahan bakar propelan padat dan dapat meluncur hingga ketinggian 2 kilometer.

Pitowarno merincikan, spesifikasi roket yang dilombakan antara lain berbentuk silinder berdiameter 100 mm, tinggi 200 mm dengan berat maksimal 1 kilo gram.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan kembali menggelar Kompetisi Roket Indonesia (Korindo) 2010 pada 26-28 Juni 2010 di pantai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News