Gaji Guru Sedot Rp214 Triliun Anggaran Pendidikan

Gaji Guru Sedot Rp214 Triliun Anggaran Pendidikan
Gaji Guru Sedot Rp214 Triliun Anggaran Pendidikan
JAKARTA -- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, pembayaran  gaji dan tunjangan profesi guru atau tenaga pendidik menyedot pengeluaran terbesar di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Mendiknas menjelaskan, di dalam APBN memang dialokasikan dana pendidikan yang mencapai angka Rp 214 triliun. Namun pada kenyataannya, sebanyak 70 persen atau sekitar Rp149 triliun dari anggaran tersebut dihabiskan hanya untuk gaji dan tunjangan bagi guru dan dosen.

“Anggaran pendidikan sebanyak 20 persen dari APBN itu tidak mampu membiayai seluruh kebutuhan peningkatan mutu pendidikan karena mayoritas dana habis untuk gaji guru dan dosen,” keluh M Nuh ketika ditemui usai membuka kegiatan International Conference on Best Practice II, di Hotel Aston Marina, Jakarta, Selasa (22/6).

Mendiknas menjabarkan, jika 2,6 juta guru sudah tersertifikasi maka tunjangan profesi yang mesti dibayar mencapai Rp 62 triliun. Jadi, lanjut Nuh, meskipun akan ada penambahan biaya, anggaran yang tersedia tetap dan tidak berubah. Dengan keterbatasan ini, Nuh mengakui bahwa pihaknya tidak mampu untuk memperbaiki sekolah yang rusak karena anggaran yang tersisa setelah dipotong untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan beasiswa hanya tersisa 15 persen saja. Padahal, pada tahun 2009 lalu pemerintah khususnya Kemdiknas berjanji tidak akan ada lagi sekolah yang rusak di Indonesia pada tahun 2010.

Lebih jauh Nuh mengatakan, hingga saat ini Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari SPP perguruan tinggi tidak mampu menutupi kekurangan tersebut, mengingat nilainya hanya sebesar Rp 8 triliun. Oleh karena itu, pihaknya memperkirakan anggaran pendidikan pada 2014 nanti akan mencapai Rp 330 triliun.

JAKARTA -- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, pembayaran  gaji dan tunjangan profesi guru atau tenaga pendidik menyedot

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News