41 Persen Orang Cemas dan Tertekan Setelah Ketagihan Medsos

41 Persen Orang Cemas dan Tertekan Setelah Ketagihan Medsos
Media Sosial. Ilustrasi: Evelyn Graf / ETH Zurich

jpnn.com - MEDIA sosial kini ini telah seolah menjadi kebutuhan wajib bagi penggunanya. Selain berkomunikasi, sosial media juga memberikan beragam fitur yang memudahkan untuk berekspresi dan membagikan aktivitas hidup sehari-hari.

Sosial media juga telah mengubah cara manusia berkomunikasi secara signifikan. Tetapi di balik semua manfaat itu, media sosial jg memengaruhi kesehatan mental manusia.

Berikut ini beberapa cara bahwa media sosial bisa memengaruhi kesehatan mental Anda secara negatif tanpa disadari, seperti dilansir laman Independent, Kamis (27/12).

1. Harga diri

Kita semua pasti memiliki rasa ketidakamanan, sebagian yang kita bicarakan secara terbuka dan orang lain yang lebih suka kita simpan sendiri.

Namun, membandingkan diri Anda dengan orang lain di media sosial dengan menguntit foto Instagram mereka yang secara estetis sempurna atau tetap up to date dengan status hubungan mereka di Facebook bisa berbuat sedikit untuk meredakan perasaan Anda tentang keraguan diri.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Copenhagen menemukan bahwa banyak orang menderita "kecemburuan Facebook".

Ketika kita memperoleh rasa berharga berdasarkan pada apa yang kita lakukan dibandingkan dengan yang lain, kita menempatkan kebahagiaan kita dalam sebuah variabel yang benar-benar di luar kendali kita.

Sekitar seribu menyatakan bahwa mereka berhenti dari media sosial untuk selamanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News