423.235 Siswa SD Sudah Cairkan Dana Program Indonesia Pintar

423.235 Siswa SD Sudah Cairkan Dana Program Indonesia Pintar
Siswa SD sedang upacara. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan Alpha Amirrachman mengatakan, tahun ini PIP dialokasikan bagi 17.927.308 siswa dari seluruh jenjang.

Untuk SD memang terbesar, yaitu 10.360.614. Sedangkan SMP 4.369.968, SMA 1.367.599, dan SMK 1.829.167.

"Jadi bisa dikatakan keberhasilan jenjang SD akan sangat menentukan keberhasilan program prioritas Pak Jokowi ini,” ujarnya, Rabu (23/8)

Alpha menjelaskan, Kemendikbud menargetkan untuk jenjang SD/SDLB/Paket A dan SMP/SMPLB/Paket B bisa diselesaikan 20 persen di akhir Agustus, serta jenjang SMA/SMALB, paket C 70 persen, dan SMK/Kursus 72 persen di akhir bulan yang sama.

Dia menambahkan jenjang SMA/SMALB/Paket C dan SMK/Kursus proses pencairan bisa tuntas November. Sedangkan untuk SD/SDLB/Paket A dan SMP/SMPLB/Paket B bisa diselesaikan Desember.

"Kemendikbud akan melihat sampai sejauh mana penerima PIP memanfaatkan bantuan sosial ini untuk keperluan sekolah. Bagaimana dampaknya bagi anak-anak kurang mampu untuk bertahan agar tetap sekolah. Ini penting agar pemerintah bisa melakukan terobosan-terobosan strategis agar target-target ini tercapai," terang Alpha.

Sementara Direktur Pembinaan Sekolah Dasar (PSD) Kemdikbud Wowon Widaryat mengungkapkan, siswa penerima PIP secepatnya akan segera menerima dananya dengan proses pencairan melalui bank yang sudah ditunjuk yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Kami mendorong agar segera dicairkan sehingga mereka bisa menggunakan manfaat dana PIP untuk keperluan sekolah. Sampai saat ini 423.235 siswa SD yang sudah menerima dana PIP," ujar Wowon.

Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan Alpha Amirrachman mengatakan, tahun ini PIP dialokasikan bagi 17.927.308 siswa dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News