JPNN.com

44 Calhaj Banten Gagal Berangkat

Kamis, 13 Oktober 2011 – 03:31 WIB 44 Calhaj Banten Gagal Berangkat - JPNN.com
SERANG - Sebanyak 44 Calon Jemaah Haji (Calhaj) asal Provinsi Banten batal berangkat menunaikan ibadah tahun ini ke tanah suci. Pembatalan pemberangkatan itu terjadi karena berbagai faktor. Seperti sakit, hamil dan meninggal dunia. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Banten Zemi Huzaemi mengatakan Calhaj yang batal berangkat berasal dari sejumlah kabupaten/kota.

    

Dia merinci penyebab pembatalan keberangkatan yakni 8 orang meninggal dunia, 3 orang hamil, 3 orang di bawah umur, 1 calon haji sakit dan 29 karena berbagai faktor lain. Calhaj yang batal berangkat terbanyak berasal dari Kota Serang yakni 13 orang. Lalu, Kabupaten Serang 6 orang, Pandeglang 3 orang, Lebak 4 orang, dan Cilegon 2 orang.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Serang Machdum Bahtiar mengungkapkan di Kabupaten Serang terdapat 6 orang Calhaj yang batal berangkat. Enam tamu Allah itu batal berangkat karena dua orang meninggal dunia, dua orang sakit dan dua orang lainnya karena hamil.

”Jumlah yang batal berangkat, kemungkinan bisa bertambah. Selain itu, 222 Calhaj asal Kabupaten Serang mutasi ke Kota Serang,” terangnya kepada INDOPOS (JPNN Group).

Machdum juga mengungkapkan, Calhaj mutasi karena sebelumnya mengikuti Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di luar Kabupaten Serang. ”Calhaj yang mutasi itu tadinya warga Kabupaten Serang, tapi mereka ikut KBIH di Kota Serang. Jadi, saat berangkat mereka ikut KBIH Kota Serang itu,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, Kabupaten Serang pada musim haji 2011 ini memberangkatkan 815 orang yang terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter). Yakni kloter 37 dengan jumlah 450 orang, kloter 39 sebanyak 136 orang dan kloter 48 sebanyak 208 orang. ”Kloter 37 dan 39 akan diberangkatkan bersamaan pada 24 Oktober nanti,” ungkapnya seraya mengatakan biaya transportasi pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji dari dan ke embarkasi DKI Jakarta dianggarkan Pemkab Serang Rp 360 juta.

Berdasarkan data Kanwil Depag Banten, tahun  ini warga provinsi ke-30 itu yang berangkat ke tanah suci sebanyak 8.411 jemaah. Terdiri dari Kabupaten Serang 1.437 orang, Kabupaten Pandeglang 641 orang, Kabupaten Tangerang 2.663 orang, Kabupaten Lebak 525 orang, Kota Cilegon 701 orang dan Kota Tangerang 2.408 orang. (bud)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...