44 Ribu Album BTS Terjual Setiap Hari

44 Ribu Album BTS Terjual Setiap Hari
Bangtan Sonyeondan (BTS). Foto: Billboard.com

jpnn.com - Bangtan Sonyeondan atau BTS meraup untung dari album teranyar mereka Love Yourself: Tear. Lewat album yang rilis pada 18 Mei itu, boy band beranggota Jimin, Jungkook, dkk tersebut mampu memecahkan beragam rekor. Selain catatan memukau di penjualan digital, album fisiknya laris diburu Army –sebutan fans BTS.

Mengutip laporan pertengahan 2018 yang dirilis Nielsen Music, album fisik Love Yourself: Tear di Amerika Serikat terjual 132 ribu kopi. Alhasil, mereka berada di peringkat kesembilan dalam sepuluh besar penjualan album fisik.

Capaian itu jelas mengejutkan. Sebab, BTS merupakan satu-satunya musisi luar Amerika Serikat yang mampu menembus chart itu. Album tersebut berbahasa asing pertama yang punya penjualan fantastis.

Dengan hasil itu, BTS berada satu peringkat di atas This House Is Not for Sale, album Bon Jovi yang rilis pada 4 November 2016. Angka penjualan album tersebut 129 ribu kopi, terpaut 3 ribu kopi dari Love Yourself.

Penjualan tinggi itu tidak terlepas dari strategi pemasaran label BTS Big Hit Entertainment. Mereka memberlakukan sistem pre-order hingga sebulan sebelum album resmi dirilis. Pre-ordernya mencapai 1,45 juta kopi. Sebagaimana dikutip dari Yonhap News, album tersebut bahkan memuncaki pre-order di situs jual beli online Amazon selama delapan hari berturut-turut.

Selain itu, pihak label merilis album tersebut dalam empat versi. Yakni, versi Y, O, U, dan R. Meski tracklist-nya sama, setiap versi ’’tampil beda’’. ’’Setiap versi konsep foto, kemasan, sampai cover CD didesain spesial dan tidak sama,’’ papar kontributor Forbes Tamar Herman. Tidak sedikit yang membeli dua bahkan empat versi album sekaligus demi melengkapi koleksi.

Angka penjualan fantastis itu berlaku di luar Amerika Serikat. Mengutip data pertengahan tahun United World Chart, Love Yourself: Tear bahkan berada di peringkat keempat. Selama 18 Mei hingga akhir Juni lalu, penjualan album yang punya single Fake Love itu mencapai 1,919 juta kopi. Itu berarti sehari mereka mampu menjual 44.627 album.

Sebelumnya, Love Yourself: Tear tercatat sebagai satu-satunya album milik boy band K-pop yang mampu berada di pemuncak Billboard 200. Tidak tanggung-tanggung, mereka berada di peringkat pertama selama enam pekan. (Billboard/Forbes/fam/c4/nda)


Bangtan Sonyeondan atau BTS meraup untung dari album teranyar mereka Love Yourself: Tear. Lewat album yang rilis pada 18 Mei itu mereka memecahkan banyak rekor


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News