BTS Rajai Tangga Lagu Billboard

BTS Rajai Tangga Lagu Billboard
Bangtan Sonyeondan (BTS). Foto: Billboard.com

jpnn.com - Army –julukan buat fans BTS– patut berbangga. Boyband kesayangan mereka sukses mencatat rekor baru lagi. Album terbaru mereka, Love Yourself: Tear, menempati posisi teratas chart album Billboard 200. Artinya, BTS menjadi musisi K-pop pertama yang mencapai prestasi prestisius tersebut.

Love Yourself: Tear dirilis pada 18 Mei lalu. Hingga kini, sudah terjual 135 ribu equivalent albums di Amerika Serikat. Sebelumnya, penjualan album studio ketiga BTS itu diprediksi mencapai 120 ribu equivalent albums. Di chart Billboard 200, mereka menggeser album Beerbongs & Bentleys milik Post Malone ke posisi kedua.

Billboard 200 dihitung dengan teknik multimetric consumption. Termasuk penjualan album tradisional (yang berupa keping compact disc), track equivalent albums (TEA), dan streaming equivalent albums (SEA).

Nah, dari jumlah yang terjual di AS, 100 ribu unit di antaranya merupakan penjualan album tradisional. Lalu, 26 ribu unit lainnya terjual secara SEA. Angka itu setara dengan 39,1 juta permintaan audio streaming lagu dalam album tersebut. Kemudian, 9.000 sisanya terjual dengan cara TEA.

Sebagian besar isi album Love Yourself: Tear menggunakan bahasa Korea. Artinya, ia menjadi album berbahasa asing pertama yang menempati puncak chart tersebut dalam 12 tahun belakangan. Album terakhir yang menempati posisi tersebut adalah Ancora, album kedua grup vokal multinasional Il Divo. Album itu masuk chart per 11 Februari 2006.

Untuk kali kedua, BTS masuk peringkat sepuluh besar Billboard 200. Sebelumnya, extended play BTS yang bertajuk Love Yourself: Her (dirilis pada Oktober 2017) debut di posisi ketujuh. Album tersebut terjual 31 ribu unit pada pekan pertama. Sebanyak 18 ribu unit di antaranya merupakan penjualan secara tradisional. (billboard/adn/c14/na)


Army –julukan buat fans BTS– patut berbangga. Boyband kesayangan mereka sukses mencatat rekor baru lagi. Album terbaru mereka posisi teratas chart Billboard


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News