5 Alasan Belanja CoD Lebih Disukai

5 Alasan Belanja CoD Lebih Disukai
Ada beberapa alasan mengapa orang lebih suka belanja secara CoD (Cash on Delivery) daripada menggunakan metode pembayaran lainnya. Foto: Dok Ninja Xpress

jpnn.com, JAKARTA - Tren belanja CoD kini terus meningkat, tentu saja hal itu karena beberapa alasan.

Jurnal akademis Universitas Pamulang yang ditulis oleh Indra Kirana dkk mencatat bahwa ada beberapa kelebihan kenapa CoD lebih disukai.

"Pembelian CoD pelaku usaha wajib memenuhi kewajibannya dengan memberikannya barang sesuai dengan deskripsi yang disebutkan dan harga yang dibayarkan. Jika tidak pesanan yang dikirim tidak sesuai dengan kedua hal tersebut penjual diwajibkan untuk memberikan kompensasi atau ganti rugi terhadap kerugian yang dihadapi oleh konsumen.”

Dapat dikatakan bahwa CoD memberikan rasa lebih aman jika dibandingkan dengan metode pembayaran transfer. Mengingat, pembeli lebih mudah untuk memastikan barangnya sampai di tujuan.

Ada beberapa alasan mengapa orang lebih suka belanja secara CoD (Cash on Delivery) daripada menggunakan metode pembayaran lainnya seperti transfer bank atau pembayaran online.

Berikut ini beberapa alasan yang mungkin menjelaskan preferensi ini:

1. Kepercayaan

Metode CoD memberikan kepercayaan kepada pembeli bahwa mereka dapat melihat barang secara langsung sebelum membayar. Ini mengurangi risiko penipuan atau menerima barang yang tidak sesuai dengan deskripsi atau gambar yang ditampilkan secara online.
Kemudahan dan kenyamanan

Dalam belanja CoD, pembeli tidak perlu khawatir tentang proses transfer atau pembayaran online.

Ada beberapa alasan mengapa orang lebih suka belanja secara CoD (Cash on Delivery) daripada menggunakan metode pembayaran lainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News