JPNN.com

5 Buah ini Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selasa, 03 April 2018 – 04:21 WIB 5 Buah ini Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol Tinggi - JPNN.com

jpnn.com - Buah-buahan rupanya bisa juga membantu mengatasi kolesterol tinggi.

Buah-buahan mengandung banyak zat gizi bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol Anda.

Kolesterol adalah suatu senyawa lemak berlilin yang diproduksi oleh tubuh, tepatnya oleh organ hati. Sebagian kebutuhan kolesterol tubuh juga dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari. Di dalam tubuh, terdapat dua jenis kolesterol utama, yaitu terdiri dari low-density lipoprotein (LDL/kolesterol “jahat”) dan high-density lipoprotein (HDL/kolesterol “baik”).

LDL adalah kolesterol yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti sumbatan di peredaran darah yang biasanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah. Sedangkan, HDL justru memiliki kontribusi untuk membantu organ hati mengeluarkan kelebihan LDL dari dalam tubuh.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, Anda perlu menjaga asupan makanan yang rendah kolesterol. Ada beberapa makanan yang bisa Anda pilih untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

Mengonsumsi berbagai buah-buahan juga dipercaya dapat menjadi upaya bagi Anda untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh Anda. Berikut ini adalah buah-buahan tersebut:

1. Apel.

Sebuah penelitian di The Florida State University menemukan bahwa pada wanita lanjut usia yang mengonsumsi apel setiap hari dalam 6 bulan mengalami penurunan hingga 23% kadar LDL dan peningkatan 4% kadar HDL di dalam darah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...