Diet Sehat untuk Penderita Diabetes

Diet Sehat untuk Penderita Diabetes
ILUSTRASI Sarapan. Foto: India Times

jpnn.com - Bagi penderita diabetes, pola hidup sehat diperlukan untuk menjaga agar kadar gula dalam darah tetap stabil. Diet sehat adalah bagian dari pola hidup sehat yang harus dijalankan.

Bicara tentang diet bagi penderita diabetes, ada banyak rumor yang beredar mengenai hal ini. Mulai dari adanya larangan agar tidak mengonsumsi karbohidrat, kebebasan untuk mengonsumsi apa pun dengan ‘bekal’ obat penurun kadar gula, hingga anjuran agar tidak mengonsumsi makanan pencuci mulut.

Faktanya, tidak semua rumor tersebut benar. Itulah sebabnya mengapa penting bagi penderita diabetes untuk benar-benar memahami pola diet yang tepat untuk kondisinya. Dengan begitu, kesalahpahaman mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi akan terhindarkan.

Hal pertama yang penting untuk dipahami adalah tujuan diet bagi penderita diabetes adalah untuk mengontrol kadar gula darah. Sebab, penyakit ini ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Karena itu perlu dikendalikan dengan melakukan diet yang sehat.

Menurut dr. Kartika Mayasari, secara singkat prinsip pengaturan makan bagi penderita diabetes bisa dilakukan dengan menjalankan metode 3J. Metode ini terdiri dari:

1. Jadwal makan.

Makanlah secara teratur, tiga kali makan besar dan tiga kali makan kecil (enam kali sehari).

2. Jenis makanan.

Tujuan diet bagi penderita diabetes adalah untuk mengontrol kadar gula darah agar tidak melonjak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News