JPNN.com

5 Buah Ini Bisa Tingkatkan Stamina Saat Buka Puasa

Selasa, 21 Mei 2019 – 21:39 WIB 5 Buah Ini Bisa Tingkatkan Stamina Saat Buka Puasa - JPNN.com

jpnn.com - Seharian berpuasa selama sekitar 13 jam tentu rentan membuat stamina Anda turun. Jika biasanya Anda memilih makanan dan minuman manis untuk menaikkan kembali energi, kali ini pilihlah buah untuk buka puasa. Selain bisa meningkatkan stamina memilih buah untuk buka puasa juga lebih sehat.

Meski beragam jenis buah bermanfaat untuk kesehatan Anda, namun hindari jenis buah yang bisa membuat perut Anda kembung, seperti nangka, durian atau nanas. Beberapa jenis buah di bawah ini, bisa Anda jadikan pilihan untuk menambah energi setelah seharian berpuasa.

1. Pisang
Salah satu buah yang paling bisa bikin kenyang sekaligus mengisi ulang energi adalah pisang. Buah ini relatif rendah kalori, tetapi kaya akan antioksidan, karbohidrat sehat, kalium, dan vitamin B6. Kombinasi semuanya itu cocok untuk meningkatkan stamina.

Dikatakan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, peneliti telah banyak membandingkan khasiat pisang dalam menyuplai energi dengan pemasok energi lain seperti minuman berenergi. Hasilnya? Salah satu penelitian pada pembalap sepeda menemukan bahwa pisang dapat menghasilkan energi yang setara dengan minuman energi. Lebih aman dan alami tentunya.

“Pisang kaya akan kalium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina Anda dan menangkal badan lemas. Karenanya, pisang bisa menjadi pilihan yang mudah, lezat, dan bisa diandalkan sebagai salah satu sumber energi,” jelas dr. Astrid.

2. Apel
Apel bisa jadi sumber karbohidrat dan serat yang tak kalah baiknya. Apel berukuran sedang dengan berat 185 gram mengandung setidaknya 25 gram karbohidrat, 19 gram gula, dan 4 gram serat.

Buah bertekstur renyah ini mengandung gula alami yang cukup banyak, maka konsumsinya efektif untuk mengganti energi yang hilang saat puasa.

Cara paling baik konsumsi apel adalah dengan memakannya utuh – bukan dibuat jus – atau dibuat smoothies agar kandungan seratnya tidak berkurang, atau hilang.

3. Goji berry
 
Goji berry sudah lama digunakan dalam pengobatan Tiongkok selama berabad-abad. Bukan tanpa sebab, goji berry yang dijadikan jus misalnya, kaya akan antioksidan dan bisa mengurangi rasa lelah. Sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, apalagi jika Anda masih harus menyelesaikan pekerjaan atau berjuang untuk pulang melewati kemacetan jalanan.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...