5 Cara Atasi Mulut Bau Bawang

5 Cara Atasi Mulut Bau Bawang
Bau mulut. Foto: Istock

jpnn.com - Bau mulut bisa terjadi pada siapa saja. Penyebab bau mulut (halitosis) beragam, mulai kondisi kesehatan tertentu hingga pemilihan makanan. Dua bahan makanan yang paling sering menjadi biang kerok bau mulut adalah bawang putih dan bawang bombai - apalagi jika dimakan mentah. 

Namun, bagi sebagian orang, kegemaran makan bawang bisa menjadi hal yang menyebalkan karena setelah mengonsumsi bawang malah jadi bau mulut. Lalu, adakah cara mengatasinya?

Kenapa bisa bau mulut setelah makan bawang?

Dilansir dari Healthline, bawang bombai dan bawang putih merupakan famili allium, yang komposisinya mirip dan mengandung banyak senyawa belerang (sulfur). Belerang memberikan rasa yang khas, serta adanya gas yang dilepaskan ketika menggeprak bawang atau memotongnya.

Nah, jika mulut berbaur dengan bakteri yang mengeluarkan gas, ini dapat menimbulkan perubahan pada aroma napas.

Bau mulut akibat konsumsi bawang putih dan bawang bombai bisa berlangsung selama berjam-jam setelah selesai makan. Sebagai bagian dari proses pencernaan produk sampingan mereka diserap ke dalam darah, lalu dihantarkan ke paru-paru. Akibatnya, bau napas jadi tak sedap.

Meski ada risiko bau mulut, tapi jangan sampai Anda berhenti mengonsumsi kedua jenis bawang ini. Keduanya diketahui membawa manfaat untuk kesehatan tubuh. Jangan takut dengan risiko bau mulut, karena hal tersebut bisa diatasi dengan cara-cara di bawah ini.

1. Konsumsi makanan segar

Bagi sebagian orang, kegemaran makan bawang bisa menjadi hal yang menyebalkan karena setelah mengonsumsi bawang malah jadi bau mulut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News