5 Cara Mendorong Kesetaraan Gender dalam Perusahaan Versi Grant Thornton

5 Cara Mendorong Kesetaraan Gender dalam Perusahaan Versi Grant Thornton
Grant Thornton. Foto: Grant Thornton

jpnn.com, JAKARTA - Grant Thornton memberikan lima rekomendasi untuk perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesetaraan gender dan budaya inklusif.

Johanna Gani, CEO Grant Thornton Indonesia mengatakan banyak bisnis kelas menengah yang mulai menyadari pentingnya keberagaman gender di dalam perusahaan mereka.

"Hal ini dikarenakan keberagaman gender di dalam kepemimpinan senior dalam suatu perusahaan ternyata membawa berbagai keuntungan finansial, seperti peningkatan kualitas kinerja organisasi, kesejahteraan pegawai, efektivitas dalam pembuatan keputusan, serta reputasi perusahaan yang lebih baik," paparnya.

Berikut lima rekomendasi tersebut:

1. Menawarkan Fleksibilitas

Perusahaan harus bisa menawarkan sistem kerja yang fleksibel untuk menciptakan kesetaraan gender yang lebih besar pada tingkat manajemen level.

2. Adanya niat yang lebih besar untuk mendorong kesetaraan gender

Mempercepat dan terus berperan aktif dalam merancang berbagai program yang mendorong adanya lingkungan kerja yang lebih inklusif di tingkat senior manajemen untuk perempuan, khususnya juga dari senior manajemen laki-laki yang harus lebih menciptakan kesempatan untuk perempuan mencapai level senior manajemen.

3. Bersikap transparan dan terus membina para perempuan

Menyediakan program kesejahteraan dan pendampingan karyawan yang secara aktif mendukung perempuan menjadi pemimpin senior

4. Bijak dalam membuat dalam keputusan

Perusahaan yang mengharuskan pekerjanya untuk bekerja dari kantor harus mempertimbangkan dampak yang akan terjadi dalam perwujudan kesetaraan gender, terutama pada perempuan.

Grant Thornton menyadari banyak bisnis kelas menengah yang mulai menyadari pentingnya keberagaman gender di dalam perusahaan mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News