JPNN.com

5 Cara Mengubah Gaya Hidup yang Lebih Sehat

Selasa, 23 Juli 2019 – 22:41 WIB
5 Cara Mengubah Gaya Hidup yang Lebih Sehat - JPNN.com

jpnn.com - Melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat sangatlah penting. Mengubah beberapa kebiasaan gaya hidup ke arah yang lebih sehat berkontribusi besar dalam membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Hentikan atau kurangi asupan alkohol menjadi tidak lebih dari 1 gelas (untuk wanita) atau 2 gelas (untuk pria) per hari. Minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida.
2. Jangan merokok. Merokok meningkatkan kemampuan kolesterol LDL untuk masuk ke sel-sel arteri dan menyebabkan kerusakan.
3. Berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit. Pilihan olahraganya bisa dengan jalan cepat, berenang, atau aerobik setiap hari. Olahraga dapat meningkatkan kadar HDL sambil mengurangi kadar LDL dan trigliserida dalam tubuh.
4. Menurunkan kelebihan lemak tubuh. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peningkatan kadar trigliserida darah dan LDL.
5. Kontrol kadar gula darah jika Anda menderita diabetes. Gula darah yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Para pakar setuju bahwa cara yang paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh yang sehat, ketimbang yang mengandung asam lemak jenuh atau lemak trans. 

Silakan cek kembali pola makan Anda. Sudahkah sudah sesuai dengan yang dianjurkan agar kadar kolesterol tak melampaui batas normal? Jika belum, segera perbaiki dan hindari jenis-jenis makanan yang tinggi kolesterol jika ingin terhindar dari penyakit berbahaya. Kalau sudah melakukan perubahan gaya hidup tetapi kadar kolesterol tak juga membaik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.(RN/ RH/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy