JPNN.com

5 Cara Sehat untuk Mengatasi Patah Hati

Senin, 09 September 2019 – 14:47 WIB 5 Cara Sehat untuk Mengatasi Patah Hati - JPNN.com

jpnn.com - Patah hati merupakan kondisi yang terjadi tanpa dikehendaki. Kondisi ini umumnya mencetuskan tekanan yang besar, sehingga membuat orang yang mengalaminya stres bahkan depresi. Saking beratnya kondisi ini, orang yang mengalaminya bahkan rela melakukan “jalan pintas” agar bisa segera terbebas dari segala tekanan yang menyelimuti.

Faktanya, patah hati akibat bercerai atau pisah ranjang merupakan salah satu penyebab stres tersering dalam kehidupan manusia. Jika kondisi ini dibiarkan terjadi berkelanjutan, orang yang mengalaminya akan lebih berisiko untuk mengalami berbagai penyakit.

Oleh karena itu, orang-orang yang saat ini sedang mengalami patah hati harus segera melakukan upaya agar bisa segera terbebas dari kondisi tersebut. Bukan dengan “jalan pintas”, melainkan dengan cara-cara yang dianjurkan secara medis.

Adapun cara-cara yang dimaksud, antara lain:

1. Manfaatkan semua dukungan yang ada
Ketika Anda mengalami masa-masa sulit yang berujung pada sakit hati, berceritalah pada anggota keluarga, teman, kerabat, atau kenalan yang Anda percayai. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan dukungan, sehingga kondisi tidak terlalu drop.

Banyak studi melaporkan bahwa meningkatnya dukungan sosial pada berbagai suasana, termasuk berduka, kekerasan seksual, kanker, bahkan peperangan, memicu pada kesehatan fisik dan mental yang lebih baik. Bahkan, meningkatnya dukungan terbukti dapat mengurangi depresi serta stres pasca-trauma.

Dukungan sosial dapat berupa empati, motivasi maupun informasi mengenai hal-hal menyenangkan yang bisa membangkitkan gairah kehidupan. Karenanya, usahakan untuk menerima apa yang ditawarkan orang-orang yang berusaha menyemangati, agar Anda bisa kembali seperti sedia kala.

2. Konsultasikan dengan terapis
Ingin mendapat wejangan yang lebih profesional? Konsultasikan rasa patah hati yang Anda alami kepada terapis, misalnya psikolog atau psikiater. Seorang terapis sangat mungkin untuk memberikan Anda pandangan yang tak dapat “dilihat”, dan hal tersebut bisa membantu Anda untuk bangkit dan menjadi orang yang lebih baik.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...